About Me

8.31.2013

Menikmati Naik Bus Selama 2 Hari 2 Malam

Mungkin bagi sebagain orang naik bus selama 2 hari 2 malam adalah hal yang tidak mengenakan, bahkan ada juga yang merasa seram, jijik bahkan muntah nendengarnya. Perjalanan dari Payakumbuh ke Bogor ditempuh dalam waktu selama itu. Ada 6 propinsi yang harus dilalui untuk sampai ke Bogor yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumtera Selatan, Lampung, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Untuk propinsi Sumatera satu propnsinya bisa ditempuh dengan waktu 12 jam paling lama. Paling cepat 8 jam lah. Ada banyak bus dari Payakumbuh sampai ke Bogor atau Jakarta. Dulu pertama kali ke Jawa saya naik bus Gumarang Jaya. Bus ini termasuk bus yang murah dna hanya memliki 1 class, yaitu AC class. Ongkosnya pada waktu itu Rp 275.000,00. Ini merupakan ongkos termurah di banding bus ber AC lainnya. Bus berikutnya adalah NPM. NPM merupakan bus pertama yang ada di Sumatera. Sekarang bus tersebut memilki 2 class yaitu non AC dan AC. Bus non AC mereka sebut jumbo, memang karena ukuran busnya yang besar dengan bangku sekitar 40-an. Bus Jumbo tidak memilki toliet jadi harus kuat menahan kencing sama sakit perut sampai tib adi rumah makan berikutnya. Class jumbo juga menyediakan bangku serap sehingga bisa manaikan penumpang di jalan. Ini lah masalahahnya karena bisa memperlambat sampai tujuang. Karena bus ini tidak ber-AC maka semua ornag boleh merokok. O iya bus ini berpusat di Padang-Panjang. Bus ini paling terkenal di Sumatera Barat.Mereka memberangkatkan 10 bus setiap harisnya dari kota-kota besas Sumatera Barat seperti Payakumbuh,Bukittingi, Pariaman, Padang dan beberapa kota lainnya. Uniknya bus ini selalu penuh. Khusus untuk bus AC memilki toilet, tapi walaupun ada toliet rasanya seperti tidak di toilet juga karena pas kencing atau buang air besar pasti tolietnya goyang akibat gonjnagan bus di jalanan sumatera yang tidak rata. Hal ini tentu membuat para penumpang tidak nyaman. NMP sendiri merupakan singkatan dari "Naikilah Perusahaan Minang". Bus ini jalan tiap harinya. Kemarin bus yang kutumpangi sehabis sampai di Bandung langsung berangkat lagi ke Padang. Aku begitu takjub dengan para sopirnya yang hanya tidur sehari selama 4 jam. O iya sopir su Sumatera itu ada 2, sopir siang dan sopir malam. Sopir siang tidur pada malam hari sementara sopir siang malam tidur pada siang harinya. Ya emang harus begitu karena jika perjalanan hanya di sing hari bisa-bisa sampai di palau jawa jadi 4 hari. Bayangkna berapa kerugian yang harus ditanggung penumpang dna juga perusahaan bus.
Berikutnya ada bus ANS. Bus ini juga berasal dari Sumatera Barat tapi sekarang menjadi kurang populer. entah apa yang terjadi dnegan bus itu. Aku belum pernah naik bus tersebut. Tahun depan rencannya baru mau naik bus itu. Busnya berwarna putih, entah kenapa mataku selalu sejuk melihat bus itu. DIbanding bus lainnya yang penuh dengan warna-warna yagn tidak jelas dna tidak artistik. 
Ada lagi bus Famly Raya Ceria. Bus ini juga ada di Payakumbuh. Aku belum pernah naik bus ini tapi kata tante yang pernah naik katanya busnya lumayan bagus. Tapi aku tidak ada feel naik busnya karena busnya terlihat norak dan alay dengan warna yang begitu mentereng atau mencolok.
Dan yang terakhir adalah bus Lorena-Kirana. Ini merupakan bus termahaln dan termewah. Busnya juga banyak yang baru-baru. Harnga tiketnya setara dengan harga tiket pesawat dan paling mahal dibanding bus lainnya. Bus ini tidak ada dari Payakumbuh. Poll atau Messnya ada di Padang Luar, Bukittinggi. Bus ini tidak mau menambah penumbang di jalan walaupun isi busnya hanya beberapa orang saja karena inilah satu-satunya perusahaan bus yang dikelola dengan baik.  
Bus- Bus Sumatera Tujuan Jawa memilki 3 pilihan lintas. Lintas Timur, Lintas Tengah dan Lintas Barat. Lintas Barat harus ke bengkulu, Lintas Timur ke Palenmbang dan Lintas Tengah ke Lubuk Lingggau. Gumarang, Family Raya dan ANS lewat Lintas Timur. Jarak Tempuhnya sekitar 1400 KM. NPM dan Lorena lewar lintas tengah. Jarak tempuhnya sekitar 1600 KM. Lintas Timur walalupun dekat tapi jalannanya banyak yang rusak namun tidak melewati daerah yang memlii banyak jurang dan bukit, hanya perkebunan saja di sepanjang propinsi Jambi sampai Lampung. Sementara Lintas Tengah harus melwati banyak perbukitan dna juga Jurang namun jalanannya mulus. 
Bus berhenti sebanyak 3 kali. Pertama untuk Sholat Subuh, sholat Zuhur-Ashar(Jamak dan Qashar) dan Maghrib dan Isha (Jamak dan Qashar)

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers